Bubur Pedas Sambas

No Comments

Bubur Pedas Sambas adalah makan khas dari wilayah sambas di Kalimantan Barat. Meski nama makanan khas tersebut berbanderol kata “pedas” yang akan membuat pencinta kuliner yang tidak suka rasa pedas bergidik ngeri, saat disuguhkan pasti akan minta tambah lagi. Karena, bubur pedas adalah bubur yang terbuat dari campuran sayur mayur dan saat diolah tidak ada dicampurkan bahan cabai sedikitpun.
Bahan-bahan
15 porsi
1.   7 siung Bawang Putih
2.   9 siung Bawang Merah
3.   1 buah Bawang Bombay
4.   3 buah Cabe Merah Besar
5.   2 buah Cabe Hijau Besar
6.   2 sdm Terasi
7.   2 sdt Lada Hitam
8.   2 sdt Ketumbar
9.   5 buah Kemiri
10.               2 cm Lengkuas
11.               2 batang Serai
12.               segenggam Daun Kunyit
13.               segenggam Daun Kesum
14.               secukupnya Garam
15.               6 buah Wortel
16.               4 buah Ubi Jalar
17.               2 buah Gambas
18.               2 ikat Kacang Panjang
19.               2 ikat Kangkung
20.               250 gram Kecambah
21.               2 buah Jagung
22.               500 gram Daging Sapi
23.               250 gram Kacang Tanah
24.               500 gram Beras
25.               500 gram Kelapa Parut
Langkah :
Cuci daun kesum dan daun kunyit, kemudian iris halus lalu masukkan dalam satu wadah. Yang gak tau bentuk daun kesum, bisa dilihat digambar ya, daun kesum (kiri) daun kunyit (kanan) hasil (bawah).
Kupas ubi jalar, wortel, dan gambas, kemudian cuci semuanya termasuk jagung dan kacang panjang. Potong kecil-kecil ubi jalar, kacang panjang, jagung, wortel, dan gambas. Untuk jagung diambil biji jagungnya saja. Ubi, wortel, dan gambas dipotong dadu.
Kangkung disiang kemudian dicuci, kecambahnya juga jangan lupa dicuci bersih. Iris bawang bombay, cabe merah besar, dan cabe hijau besar.
Haluskan bawang merah, bawang putih, lada, ketumbar, terasi dan kemiri. Setelahnya lengkuas dan serai cukup dimemarkan saja.
Ini adalah bahan pengental buburnya, cara bikinnya, beras dicuci, dikeringkan, kemudian disangrai bersama dengan kelapa parut. Sangrai sampe warna agak coklat, kemudian diblender halus, jadinya kayak serbuk gitu.
Daging, ubi jalar, dan kacang tanah direbus terlebih dahulu supaya lembut.
Tuangkan sedikit minyak goreng keatas wajan. Aku pake minyak goreng ini, terbuat dari 100% minyak kelapa, warnanya bening kayak air putih, bau minyaknya juga kayak bau kelapa 
Tumis bawang bombay, cabe merah dan hijau besar, sampai harum. Kemudian masukkan bumbu halus tadi, tumis sebentar hingga harum, setelah itu masukkan daun kesum dan daun kunyit, tumis hingga layu.
Setelah daging empuk, masukkan wortel, gambas, jagung, dan kacang panjang kedalam panci yang berisi daging.
Kemudian masukkan bumbu yang telah ditumis tadi kedalam panci. Aduk2, masukkan serbuk pengental, aduk2 terus, inget jangan sampai berhenti mengaduk, nanti bisa gosong didasar panci. Sampai kental, mendidih dan meletup2.
Terakhir masukkan kangkung kedalam panci, aduk sebentar saja hingga kangkung layu. Takaran garam sesuai selera aja.
Bubur pedas ini gak akan nikmat kalo gak disantap pake sambel, cara bikinnya cuma cabe rawit sama bawang putih diblender halus, kemudian tambahkan sedikt air, gula, dan garam.

Bubur pedas khas Kalimantan Barat siap disajikan. Rekomendasi: Lebih enak disantap pake bawang goreng, kacang goreng dan ikan teri goreng ditabur diatasnya. Pemberian kecap dan sambal sesuai selera
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments

Post a Comment